BERITA TERBARU HARI INI

BERITA TERBARU HARI INI

Jokowi Resmikan Bandara Singkawang Kalbar Senilai Rp427 Miliar

BERITA TERBARU HARI INI РJokowi Resmikan Bandara Singkawang Kalbar Senilai Rp427 Miliar. Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan pengoperasian Bandara Singkawang di Kota Singkawang, Kalimantan Barat (Kalbar), Rabu (20/3/2024). Bandara ini dibangun dengan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) serta bantuan CSR dari pengusaha Singkawang.

Adapun total anggaran yang dihabiskan untuk membangun bandara tersebut mencapai Rp427 miliar. Anggaran ini berasal dari APBN dan pengusaha.

Tadi Pak Menteri Perhubungan sudah menyampaikan bahwa dari APBN Rp272 miliar, kemudian dari para pengusaha Rp155 milliar,” kata Jokowi saat peresmian sebagaimana disiarkan di Youtube Sekretariat Presiden, Rabu.

Jokowi ingin skema KPBU ini juga diberlakukan di proyek-proyek bandara dan pelabuhan yang ada di Indonesia. Hal ini untuk mempercepat pembangunan infrastruktur di Indonesia.

“Artinya, orang-orang yang berasal dari kota itu, orang-orang yang berasal dari kabupaten itu, orang-orang yang berasal dari provinsi itu juga ikut berpartisipasi terhadap daerahnya masing-masing,” ujarnya.

“Sekali lagi, untuk para pengusaha saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya,” sambung Jokowi.

Percepat Mobilitas

Jokowi menyampaikan Bandara Singkawang yang dibangun sejak 2019 ini memiliki panjang lintasan 2.000 meter dan luas terminal 8.000 meter persegi. Dia berharap keberadaan bandara ini dapat mempercepat mobilitas orang dan barang, serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi di wilayah Singkawang.

“Kita harapkan ini akan mempercepat mobilitas orang, mempercepat mobilitas barang, mempercepat mobilitas logistik dari dan ke Singkawang, dan kita harapkan nanti akan muncul titik-titik pertumbuhan ekonomi baru di Singkawang,” tutur Jokowi.

Buka Rute

Jokowi meminta Menhub Budi Karya Sumadi untuk segera menyiapkan sebanyak-banyaknya rute penerbangan menuju Singkawang. Dia meyakini akan banyak maskapai penerbangan yang membuka rute dari dan ke Singkawang

“Kalau bandaranya sudah siap, airportnya sudah siap, segera Pak Menhub disiapkan juga pesawat yang terbang ke sini, sebanyak-banyaknya. Asal yang penumpangnya penuh, asal penumpangnya penuh pasti akan makin banyak airlines yang datang ke Singkawang,” jelas Jokowi.

Jokowi Resmikan Bandara Singkawang Kalbar Senilai Rp427 Miliar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas