Hukum Pajang Foto Ulama di Rumah, Benarkah Haram? Ini Kata Buya Yahya dan 2 Habib

BERITA TERBARU HARI INI – Hukum Pajang Foto Ulama di Rumah, Benarkah Haram? Ini Kata Buya Yahya dan 2 Habib. Ulama kharismatik KH Yahya Zainul Ma’arif alias Buya Yahya pernah ditanya oleh jemaahnya. Apa hukum memajang foto ulama di rumah, benarkah haram?

Buya Yahya mengatakan, gambar para ulama termasuk jenis fotografi. Kebanyakan ulama membolehkan memajangnya di rumah jika fotografi tersebut tidak memperlihatkan aurat.

“Fotografi itu bukan membuat sesuatu yang baru, akan tetapi di situ hanya orangnya ada, disimpan di alat, kemudian dikeluarkan dalam bentuk kertas, gambar, tidak lebih seperti cermin,” kata Buya Yahya dikutip dari YouTube Al Bahjah TV, Sabtu (20/7/2024).

Buya Yahya menegaskan, memajang foto ulama ataupun lainnya yang terhormat boleh-boleh saja sebagaimana pendapat para ulama. Namun, jika ada yang mengharamkan jangan disalahkan karena mereka juga punya dalil.

“Ini kebanyakan ulama mengatakan boleh. Kalau di sana ada orang yang mengatakan haram, Anda gak usah gelisah, gak usah risih dengan yang mengatakan haram, karena yang mengatakan haram pun juga mereka beralasan,” ujar Buya Yahya..

Ia menambahkan, soal hukum memajang foto di rumah terdapat khilaf di kalangan ulama. Ia meminta umat Islam menyikapi perbedaan pendapat ini dengan bijak.

“Kalau Anda mau memajang, Anda pajang mengikuti pendapat yang memperkenankan. Kalau Anda ketemu yang melarangnya apabila itu tamu Anda, selagi masih bisa diturunkan, turunkan sementara karena yang mengharamkan itu sendiri punya hujjah,” tuturnya.

Penjelasan Habib Novel Alaydrus

Sementara itu, Habib Novel Alaydrus mengatakan, malaikat rahmat memang tidak akan memasuki rumah yang dipajangi foto. Foto di sini adalah yang memperlihatkan aurat.

“Tapi kalau fotonya ulama malah malaikat rahmat berbondong-bondong masuk rumah kita. Malaikat yang tadinya gak masuk rumah kita, begitu ada fotonya ulama itu malaikatnya datang. Karena foto itu beda dengan lukisan, beda dengan pahatan (patung),” kata Habib Novel yang merupakan cucu nabi ini, dikutip dari Youtube Short @hijrah313max.

Penjelasan Habib Hasan Al Muhdor

Hukum Pajang Foto Ulama di Rumah, Benarkah Haram? Ini Kata Buya Yahya dan 2 Habib

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas