BERITA TERBARU HARI INI

BERITA TERBARU HARI INI

Partisipasi Perempuan di Industri Pertambangan Indonesia Masih Kecil, Ini Penyebabnya

BERITA TERBARU HARI INI – Partisipasi Perempuan di Industri Pertambangan Indonesia Masih Kecil, Ini Penyebabnya. Direktur PT Delta Dunia Makmur Tbk (DOID), Dian Andyasuri mengungkapkan porsi partisipasi perempuan di Industri pertambangan di Indonesia masih kecil. Secara global saja, data menunjukkan perempuan mewakili sekitar 8 hingga 17 persen dari tenaga kerja pertambangan global.

Dian mengungkapkan ada beberapa faktor yang menyebabkan partisipasi perempuan di industri pertambangan masih belum sebesari di Australia yaitu seperti lokasi kerja yang jauh hingga jam kerja.

“Jika dibandingkan dengan Australia, lokasi tambang cenderung lebih dekat dengan perkotaan, sekitar 2 hingga 4 jam. Sedangkan dibandingkan Indonesia, jarak ke tambang ada yang mencapai 10 jam,” kata Dian dalam Diskusi Woman in Mining Day, dikutip Jumat (14/6/2024).

Selain itu, Dian menjelaskan secara regulasi di Australia terkait kesetaraan ini lebih maju sehingga ini turut mendorong industri pertambangan di Australia. Meskipun begitu, Dian percaya partisipasi perempuan di industri mining di Indonesia akan terus tumbuh, Dirinya yakin banyak talenta perempuan di Indonesia yang mumpuni di bidang ini.

Selanjutnya, jam kerja serta penjadwalan kerja atau Roster turut menjadi faktor mengapa partisipasi perempuan di industri pertambangan masih kecil di Indonesia.

Jika dibandingkan Australia, ada Roster yang disesuaikan khusus perempuan, sehingga perempuan bisa melakukan pekerjaan sebagai ibu rumah tangga baru bekerja di site pertambangan.

“Australia itu mereka ada sita yang bahkan ada roster khusus untuk perempuan gitu jadi roster ini mulai ketika jam sekolah mulai, roster nya selesai ketika jam sekolah udah mau selesai. Jadi mereka bisa mengurus anak-anak mereka. Mereka juga bisa menjemput anak mereka dari sekolah karena jarak lokasi tambang yang tidak terlalu jauh,” jelas Dian.

Optimis Bertumbuh

Partisipasi Perempuan di Industri Pertambangan Indonesia Masih Kecil, Ini Penyebabnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas