BERITA TERBARU HARI INI

BERITA TERBARU HARI INI

Pertamina Tak Naikkan Harga BBM per 1 Juni 2024, Ini Rinciannya!

BERITA TERBARU HARI INI – Pertamina Tak Naikkan Harga BBM per 1 Juni 2024, Ini Rinciannya!. PT Pertamina (Persero) memilih untuk tidak mengubah harga Bahan Bakar Minyak (BBM) pada 1 Juni 2024. Harga BBM Pertamina tidak naik meski harga minyak dunia menunjukkan tren kenaikan dan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) melemah.

Irto Ginting Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga yang merupakan anak usaha Pertamina di sektor hilir menjelaskan, harga BBM Pertamina yang telah ditetapkan periode 1 Juli saat ini masih berada dalam koridor dengan aturan yang tetapkan oleh Pemerintah dalam hal ini Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Keputusan tidak mengubah harga BBM mengacu pada beberapa aspek yang tercantum dalam Kepmen ESDM No. 245.K/MG.01/MEM.M/2022 tentang formulasi harga JBU atau BBM non subsidi. Dalam aturan ini, perhitungan formulasi harga BBM di antaranya dipengaruhi oleh nilai tukar dolar AS dan MOPS.

“Penyesuaian harga BBM nonsubsidi memang mengacu pada regulasi. Namun pada kondisi saat ini kami mendukung upaya Pemerintah untuk menjaga stabilitas perekonomian,” terang Irto dalam keterangan tertulis, Sabtu (1/6/2024). Untuk diketahui, harga BBM Pertamina ini tidak berubah sejak 1 Januari 2024.

Irto kemudian memberikan contoh harga BBM Pertamina untuk wilayah Jawa dan wilayah dengan besaran pajak bahan bakar kendaraan bermotor (PBBKB) sebesar 5 persen. Untuk Pertamax masih di harga Rp 12.950 per liter dan Pertamax Green 95 Rp 13.900 per liter.

BBM dengan ringkat RON yang lebih tinggi yaitu Pertamax Turbo juga masih tetap di kisaran Rp 14.400 per liter.

Sedangkan untuk jenis solar Dexlite di harga Rp 14.550 per liter dan Pertamina Dex Rp 15.100 per liter. Angka ini juga tidak berubah.

Lengkapnya, berikut ini harga BBM di SPBU Pertamina per 1 Juni 2024:

BBM Subsidi dan Pertamax Cs

Pertamina Tak Naikkan Harga BBM per 1 Juni 2024, Ini Rinciannya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas